Selasa, 07 Agustus 2012

Penyetaraan Reaksi Kimia

Belajar Kimia bagi sebagian siswa menjadi sesuatu yang menyusahkan. Terbayangkan pelajaran kimia penuh dengan reaksi-reaksi yang harus disetarakan. Penyetaraan reaksi kimia merupakan awal dari penyelesaian soal, setelah disetarakan baru bisa mengerjakan perhitungan kimianya. Perhitungan kimia yang disertai dengan rekasi ini biasanya pada bab STOIKIOMETRI.
Mendengar kata STOIKIOMETRI saja siswa sudah mau loncat dari kursinya. Suuuuuusaaaahhh!!! Apalagi ada reaksinya……
Kalau masalahnya hanya menyetarakan reaksi kimia, kini ada solusinya. Sekarang ada program (Chemical Equation Balancer) yang secara otomatis menyetarakan reaksi kimia (baik penyetaraan reaksi biasa maupun reaksi redoks). Kita hanya memasukkan senyawa-senyawa atau ion-ion yang akan disetaran, tinggal klik Enter, langsung keluar hasil reaksi yang sudah disetaran. Gampang kan??
Program ini sangat membantu sekali bagi siswa untuk menyetarakan reaksi.
Kalian tinggal mengunjungi webnya saja atau klik disini
             Tapi jangan juga sepenuhnya memakai program ini, kalian juga harus belajar menyetarakan reaksi secara manual, jadikan program ini sebagai mengecek jawaban kalian sudah benar atau belum. Karena di Ujian Nasional dan ujian masuk perguruan tinggi juga masih terdapat soal mengenai penyetaraan reaksi.  “Selamat mencoba”!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar